Selai Apricot ala Neng D

Ga pernah kebayang sebelumnya bahwa hari ini saya akan berhasil bikin selai apricot. Cengiran saya lebar banget deh, bangga banget sama kemajuan yang saya capai dalam waktu yang lumayan singkat.

Kemarin ini kami panen apricot, satu pohon yang tidak terlalu besar itu menghadiahkan kami satu baskom apricot. Itu sudah sempat dipanen teman saya satu kantong besar. Jadi kayanya hasil panen kali ini lumayan sangat sukses. Setelah itu saya bingung, mau diapakan apricot sebanyak ini? Takut keburu busuk malah jadi mubazir. Dan kami ga punya tetangga, depan rumah lapangan besar, kanan drainase, gang buntu pulak.

Lalu M bilang kalau dia suka sekali selai apricot. Jadilah kami sepakat untuk bikin selai, dengan resep contekan dari internet.

Pagi itu kami ke shopping center untuk cari botol selai, lemon dan gula. Sampai rumah langsung deh sibuk di dapur.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 8 cup apricot yang sudah dikupas, dibuang bijinya dan dilembutkan
  • 1/4 cup air perasan lemon
  • 6 cup gula

Cara memasak:

  • Campur apricot dan air perasan lemon dalam panci, aduk rata
  • Masukkan gula, masak sampai mendidih dengan api kecil
  • Buang busa dan masak sampai mengental atau kurang lebih 25 menit

Proses memasak selai ternyata lumayan gampang, walaupun persiapan apricot-nya lumayan lama dan bikin pegal 😋 yang agak susah buat saya adalah memasukkan selai yang masih panas ke dalam botol panas hasil steril.

Bersamaan dengan selai yang mulai matang, proses sterilisasi botol selai pun dimulai. Botol dan tutupnya dimasak sampai air mendidih dan dibiarkan dalam panci dengan api kecil, sampai selai siap dimasukkan dalam botol. Dan tutup botol dibiarkan dalam panci berapi kecil sampai botol siap di tutup. Botol ditutup dalam keadaan selai masih panas dan mulut botol sudah dibersihkan. Bagian ini semua M yang kerjakan 😍

Dari sebaskom apricot, kami bisa buat 5 botol selai. Keren ya? 😉

Saya jadi tergoda untuk mulai bikin selai sendiri. Ternyata masak sendiri itu betul-betul bikin pilihan untuk hidup lebih sehat jadi lebih mudah.

Iklan

7 thoughts on “Selai Apricot ala Neng D

    • Bener bangeeet!

      Udah gitu Eden sekarang ga mau dong makan nugget, jadi ibunya beneran mesti masak setiap hari 😄 cari menu yang variatif dan gampang juga udah tantangan bgt yakan…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s