Kasar sama anak

Beberapa hari lalu saya ga sengaja lihat video yang di share teman di facebook. Sayangnya saya ga ngerti bagaimana cari link-nya jadi cuma bisa screen captured aja 🙈 Isinya video di playground kecil, ada anak-anak main kursi putar. Salah satu anak berlari memutar kursi dan ga sengaja menabrak anak lain. Tiba-tiba seorang bapak yang duduk dekat situ langsung berdiri dan menendang si anak yang menabrak tadi dengan sekuat tenaga dan kemudian kembali duduk dengan tenang. Si anak tampak menangis kesakitan dan kelihatan kesulitan bangun dari posisi telungkupnya. Emosi saya langsung naik nyaris meledak. Semoga si bapak mendapat ganjaran atas perbuatannya dan anak kecil itu sehat ga luka atau apapun.

  
Walaupun berulang kali dengar dan lihat di media sosial kejadian-kejadian mengenaskan kekerasan pada anak, tetap ya rasa marah dan kecewa itu selalu membuncah. Kok ya bisa jahat sama anak, apalagi anak yang betul-betul masih kecil… Knock on wood deh, semoga anak dan keluarga kita selalu sehat dan selamat dalam lindungan-Nya ya, aamiin…

Seorang teman saya mengalami langsung kejadian anaknya menjadi korban kekerasan pengasuh. Seringkali saat pulang kantor, dia melihat memar dan lebam di tubuh anaknya yang waktu itu belum genap 2 tahun. Anaknya pun tampak kurus dan murung. Pengasuh selalu hanya jawab jatuh atau terbentur. Sampai suatu hari teman saya beli semacam cctv dan melihat semua kejadian yang pastinya merupakan mimpi buruk setiap orang tua. Sampai saat ini teman saya ga sanggup menceritakan apa yang dialami anaknya, selain bahwa anak diberi obat tidur dan mendapat perlakuan sangat kasar. 

Kejadian lain dialami orang tua murid di sekolah keponakan saya. Suatu hari sang ayah berkendara dan melihat anak kecil yang digendong pengemis di jalan mirip sekali dengan anaknya. Dia tlp ke rumah dan pengasuh bilang anaknya sedang tidur. Entah mungkin kontak batin atau bagaimana, si ayah turun dan berhasil mengambil anak di jalanan tsb dan membawanya pulang. Dan ketakutan itu terbukti karena si anak memang tidak di rumah tetapi disewakan pada pengemis jalanan 👊 kejadian ini tidak mereka laporkan, tetapi yang saya dengar kemudian adalah sang ibu mengundurkan diri dan mengurus sendiri anak-anaknya.

Kejadian lain yang sering bikin emosi adalah kelakuan para ibu yang membiarkan anak berlaku kasar pada anak lain. Apartemen dimana kami tinggal saat ini menyediakan ruang bermain yang cukup lengkap dan luas. Beberapa kali kami sempat ketemu anak yang lumayan nakal, dalam artian Eden dan anak lain ga boleh pegang mainan apapun. Selalu direbut dengan cara kasar, bahkan beberapa kali saya lihat dia memukul dan menendang. Untung ibunya lumayan paham dan selalu memarahi, walaupun kelihatannya tidak terlalu berpengaruh karena anaknya tetap melakukan itu sepanjang waktu mereka di ruang main. 

Yang bikin emosi adalah ketika sang ibu dengan manis duduk di sebuah sudut dan sibuk dengan gadget-nya, sementara anaknya merebut, memukul atau menendang anak lain. Kadang cuma angkat kepala sebentar dan bilang, “jangan ya…”, tanpa berbuat apapun. Tadinya saya sungkan mau memarahi anak orang, jadi saya selalu alihkan Eden dari area tempat anak tsb bermain. Tapi lama kelamaan gerah juga, jadi kalau besok-besok ada yang memukul atau menendang Eden, sepertinya saya akan menegur anak tsb. Alhamdulillah selama ini sih belum pernah kejadian ya…

Kelihatannya berlebihan mungkin, tapi saya emosi kalau anak saya dikasari sementara ibu dari anak yang melakukan itu hanya diam dan ga berbuat apapun 😤 selama masih bisa menghindar saya tetap akan pilih menghindar, tapi kalau keterlaluan ya akan saya tegur. 

Saya paham juga kalau anak-anak sesekali akan bertengkar dan 2 menit kemudian main bareng lagi. Tapi saya juga meyakini kalau mereka berbuat sesuatu yang tidak baik ya harus diingatkan saat itu juga kalau itu bukan perilaku yang baik, dengan harapan suatu hari mereka akan mengerti dan tidak mengulanginya.

Saya punya beberapa sepupu yang tidak pernah melarang anaknya, jadi si anak bisa menangis jerit-jerit dan memukul kalau ada yang mengatakan jangan atau tidak boleh. Kejadian sekali waktu mereka ke rumah ibu saya dan anaknya bermain dengan pajangan pecah belah di lemari, sepupu saya diam saja, jadi ibu saya langsung mengalihkan dan mengambil pajangan itu sambil bilang jangan. Kontan anak itu menangis histeris 🙈 ibunya cuma jawab, “dia ga boleh dibilang jangan tante, pasti ngamuk”. Well, silahkan lah ya kalau dirumah sendiri, tapi kalau bertamu kan tetap ada aturan. Ya ga sih?

Saya dan M sepakat bahwa kalau Eden melakukan sesuatu yang tidak baik harus langsung diberi tau, dan harus konsisten. Sekarang ini Eden lagi suka lempar segala barang dan manjat segala macam. Jadi kalau ketahuan, saya atau M harus menegur, memberi tepukan ringan di tangan atau pantat sebagai hukuman. Tentunya kadang rasa bersalah menggila bikin saya ga tega, tapi kalau diperhatikan, Eden tau batasan mana yang boleh dia lakukan atau ga boleh. Mukanya jail banget atau malah sok ga bersalah banget. Biasanya kalau dia merasa bersalah sih langsung minta peluk 😋 “abuuu cuddle… daddy cuddle”. Meleleh deh 😍

Ada ide lebih baik kalau ketemu anak yang kasar sama anak kita sementara orang tua atau pengasuhnya diam saja?

29 thoughts on “Kasar sama anak

  1. titin suka langsung berkaca-kaca liat anak kecil dimarah2in ibunya di angkot smp main tangan meski hanya cubit.. meski emg gaktau knp si anak nangis trs malah dimarah2in heu

    • Iya, sakit hati ya liatnya… Satu sisi kita ga bisa nilai begitu aja karena ga ngerti kenapanya, satu sisi lain pengen belain. Sigh…

  2. Oh my God Dinny itu kejadiannya dimana si bapak nendang anak orang itu? Itu sih barbar ga punya manner dan ga human *jadi ikutan esmosi jiwa*

    Typical beberapa parenting style yg selalu dengan alasan; ‘oh anaknya ga bisa dibilangin nanti nangis/ngamuk’ rasanya kebanyakkan terjadi dengan orang Indonesia ya. Ini aku perna punya teman yg model gitu soalnya beberapa biji sampe gemez banget! Entah karena mereka ‘males’ untuk nerangin ke anak bahwa mukul/ambil barang/etc itu ga baik bla bla atau emang ga peduli atau manjain anak yg salah, aku juga ngerti deh. That’s why being a parent is not easy, ya kan?

    • Ga tau dmana mba, bikin murka bgt itu video deh 😤

      Kadang ga tega sih ya mba marah2 sm anak, tp aku lbh ga tega lg klo nanti eden tumbuh jd anak manja yg ga tau aturan 🙈 jd aku percaya anak pun harus diajarin batasan.
      Plus dia sekarang lg punya senjata ndeprok dilantai, klo aku paksa gendong malahan manjat dan dgn perut gede gini itu tantangan bgt. Jd biasanya aku biarin dia ndeprok sbentar, ajak ngomong br gendong. Untung ga pake tantrum jerit ato nendang. Fiuhhh

  3. Pernah juga dikirimin link ini, emang tuh bapak2 nya dah GILA. Ga tega banget lihat video ginian. Knock on the wood, semoga ga ada lagi kejadian kayak gini.. Kids also a human.. Walopun kadang mereka bandel, bukan berarti harus kayak gini atau dikasarin.. Geram liat bapak2nya!!

  4. Saya paling gak bisa terima kalo anak lain bikin nangis temannya atau anak saya bikin nangis temannya. Saya tegur keras, dalam artian Saya marahinlah. Kan anaknya udah mudeng kalo memukul orang lain itu gak boleh. Ada salah satu anggota keluarga besar yang melarang Saya bilang jangan ke anak saya. Gimanapun, anak kan anak Saya ya. Kata jangan itu perlu banget biar anak bisa tertib dan tau larangan.

  5. Eeee….mmmmoooo…. siiiiiii….. hiiiih, aku paling nggak pernah liat or baca2 berita kayak gini, parnooooo.
    Di kantorku juga pernah ada pegawai yang terpaksa unpaid leave 2 tahun untuk mengembalikan trauma anaknya yg ngalamin kekerasan oleh pengasuhnya. Sedih dan miris denger si ibu cerita. Kebetulan waktu itu pas ada workshop parenting di kantor dan si ibu curhat/sharing supaya ibu2 lain yang bekerja lebih waspada dengan anak2 dan pengasuhnya di rumah.

    • Itu jg ga sengaja lg sekrol2 eh video-nya langsung jln aja 🙈

      Klo denger cerita2 serem gtu yg beneran kjadian sm orang yg kita kenal, rasanya anak pengen dikekepin aja deh ya… Sakit hati bgt dengernya. Smoga kita smua selalu sehat selamat n jauh dr segala kjahatan ya…

  6. Duh aku suka gak tega nonton begituan, soale aku bakalan emosi tapi gak bisa ngapa2in :'(((
    Kalo Kara udah kubekali harus galak kalo ada yang kasar sama dia, untungnya dia patuh. ada yang pernah kasar sama dia di tempat main dia teriak “Hei kakak, jangan dorong dorong!” kalo udah gitu aku samperin dan bilang sambil melotot “jangan dorong ya kakak”.

    kalo suamiku, kalo ada yang kasar dia akan datengin anaknya dan dinasehatin, kalo orang tuanya diem aja dan masih kasar baru deh didatengin orang tuanya. berantem juga hayok deh dia mah :)))

    gak peduli orang tua / pengasuhnya marah, yang penting anak kami aman dan kami gak kasar ke anak lainnya itu :p siapa suruh gak dinasehatin hihi
    kadang orang tua yang gak tegaan ini harus di ‘kagetin’ sih 😐

    • Wah boleh jg tuh idenya ya, anak bisa bela diri tanpa harus kasar. Nanti coba ku terapin deh sm eden klo dia udah gedean.
      Emang yg bikin lbh emosi tuh karena orangtua/pengasuh ga berbuat apa2 sih ya, jd berasa kita yg harus turun tangan beneran.

      • Iya tuh, maksudku biar jadi alarm buat orang tua / pengasuh. jangan sampe dikasarin terus dia gak berani ‘ngadu’ malah jadi bulan2an deh..

  7. Gue pernah nihhhh jalan sama grup temen mamanya temen smp, jalan rame2 ke waterbom. Masih inget jelas di kepala anak kecil cewek itu masih SD lah, mau mainan HP gue, gue bilang gak boleh dia bilang ‘jangan kurang ajar ya’ wahhhh kaget, lebih kget lagi waktu mamanya cuma bilang ‘hush jangan gt’ terus lanjut gosip sama temen2nya

    • Ngerti bgt maksud kmu Tje, ngomelin eden plus nepuk tangannya pelan klo dia ga bisa dikasih tau aja udah bikin rasa bersalah yg menggila 😓

  8. ihhh, emang suka kesel ya kalau ngeliat orang tua yang begitu. padahal anaknya ngerecokin anak lai tapi dia malah sibuk sama gadget.
    kejadian ibu sibuk sama gadget ini sering banget jadi masalah,. kemarin di sini kejadiannya sang Ibu asik sama gadget akhirnya anaknya tenggelam dan meninggal.
    seharusnya hal2 begini kan bisa di hindari seandainya ibu lebih aware lagi 😦

  9. itu termasuk golden moment, biasanya saya coaching anak saya bagaimana cara “melawan” perilaku anak yang kasar itu…mumpung ngeliat, dan mengawasi…kalau ibunya karena itu jadi tersadar ya bagus…kalau ga ya gapapa…bahan pembelajaran anak saya bagaimana harus bersikap bila saya lagi tidak ada di sisinya…

  10. Aku kemarin-kemarin pernah nemu video ngeri banget mbak -_- anak kecil lagi nangis, bukan ditenangin, malah diinjek, dipukul, ditendang-tendang ._. sumpah, itu aku liatnya emosi banget. Si pengasuh yang mukul gitu enteng aja gitu, nggak ada rasa bersalah sekalipun :’

    Kenapa ya masih ada yang begitu sama anak kecil 😦

    • Duhhhh aku tuh makanya paling ngeri nonton video yg kya gtu, ga tega n pengen ngamuk. Klo emang ga suka anak kcl ya jgn jd pengasuh ya, ksian anaknya 💔

      • Iya mbak -_- ngeri dan nggak tega ._. miris aja gitu ngeliatnya. Pengen banget bisa masuk ke video terus nggampar orang yang tega mukulin si anak kecil itu ._.

        NAH ! ITU, kalau nggak suka anak ya jangan jadi pengasuh -_- logis banget mbak :”)

Leave a Reply

