Terbang bawa anak belum 2 tahun

  
Waktu itu saya pernah bahas soal Terbang bawa bayi sekarang saya mau cerita tentang terbang bawa anak belum genap 2 tahun. 

Waktu Eden belum bisa jalan, saya selalu berkhayal betapa seru dan lucunya kalau dia sudah bisa jalan sendiri tanpa perlu di gendong. Di satu sisi memang lucu, tapi di sisi lain bagian capek ngejar dan jagain ternyata ga terlalu lucu πŸ˜… apalagi anak seumur itu belum terlalu paham instruksi. Bawa bayi yang masih minum asi dan belum bisa jalan ternyata jauh lebih mudah. Setidaknya demikian menurut saya. 

Untungnya Eden bisa dibilang bayi yang cukup aman diajak terbang, sebagian besar waktu di pesawat biasanya dihabiskan dengan tidur. 

Terbang bawa anak belum genap 2 tahun berarti irit di kantong karena belum bayar penuh, tapi lumayan cengengesan karena harus mangku sepanjang penerbangan. Kalau pas beruntung kadang petugas darat mengosongkan kursi di sebelah jadi kita bisa lega tanpa khawatir ganggu orang lain.

  
Tantangan pertama terbang setelah Eden bisa jalan itu berat dan capek banget πŸ˜“ ga mau duduk diam dan maunya jalan kaki sepanjang koridor. Untungnya masih minum ASI jadi masih ada sedikit tidur dan nonton film di ipad. Tambah kesini mulai canggih Eden, mulai kreatif pula ibu dan daddy dalam menyiapkan perlengkapan perang di pesawat πŸ˜…

  
Berikut beberapa saran yang mungkin bisa diterapkan:

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum dan selama penerbangan, usahakan jangan makanan manis atau apapun yang akan memicu energi berlebih. Siapkan cemilan kesukaan anak seperti biskuit atau buah.
  • Selain asi, jus atau cemilan, permen semacam cup-a-cup bisa digunakan sebagai alternatif untuk membantu meredakan sakit telinga pada saat pendaratan. 
  • Bawa beberapa alternatif mainan yang tidak berbunyi atau keras, agar tidak mengganggu orang lain. Stiker yang murah meriah bisa mengalihkan perhatian anak untuk waktu cukup lama, biarkan dia menempel sesuka hati dan sibuk sendiri. Buku cerita, mainan kecil seperti remote/hp mainan, boneka, mobil-mobilan dan perlengkapan mewarnai juga cukup berhasil untuk membuat si kecil sibuk.
  • Pilihan terakhir, siapkan sebanyak mungkin film kesukaan anak dalam ipad/gadget 😁 usahakan film-nya tidak penuh stimulasi yang menyebabkan anak bersemangat. In the night garden, bing, giggle and hoot, charlie bear dan cloud babies adalah beberapa film yang bisa jadi pilihan.
  • Perhatikan kondisi anak. Terlalu lelah, terlalu bersemangat, dan terlalu yang lain bisa membuat emosinya berantakan dan rewel sepanjang perjalanan. 
  • Tetap lakukan rutinitas harian agar anak tidak menghadapi terlalu banyak perubahan dan stimulasi.

Jangan panik kalau ada yang menatap sinis dan memberikan komen negatif pada saat anak kita rewel dan tidak bisa diatur. Mereka ini umumnya memang ga paham apa yang kita alami. Selalu akan ada wajah penuh senyum dan sorot mata paham yang menyatakan “been there baby, hang on”. Jadi santai dan nikmati segala prosesnya, segala emosi yang kita rasakan akan dirasakan juga oleh anak dan seringnya ini bikin anak tambah rewel.

Ayo buibu, mari kita lanjut jalan-jalan lagi! πŸ˜‰

Iklan

25 thoughts on “Terbang bawa anak belum 2 tahun

  1. Kita terbang ke Asia waktu J umur 17 bulan Mbak. Wah capek mangkunya, habis nempel sama aku terus. Waktu itu dia masih ASI juga, jadi perih nyusuin keseringan lol…J did so well considering how long our flights were. Kita order bassinet tapi malah jadi tempat barang including toys. Aku packed legos di Ziploc bags karena ringan. Anyway, mau kemana Mbak? Safe trip ya! πŸ™‚

    • Untungnya pnerbangan tjauh kta sampe saat ini cuma perth-jkt, jd pasti drama-nya ga sheboh yg terbang jauh. Aku jg pernah terbang pas eden rewel bgt n cuma mau asi, wihhh perih benerrr 😁

      Sementara libur dulu terbangnya sampe adebayi lahir n cukup kuat br deh liburan lg πŸ˜‹

    • Iya, ibu-ibu kadang udah abis akal n panik ga tau lg mesti gmana supaya anak anteng. Tp biasanya kuncinya ada d take off, klo bisa dsusuin atau dibikin semacam aktifitas mengunyah supaya kuping ga sakit, biasanya lumayan sukses deh terbangnya. Klo ga, bayi akan sakit kuping dan dijamin rewel spanjang pnerbangan. Sedih ya liatnya, kasian ibu n bayinya.

  2. Been there too Dinny😜😜 Masih mending cuma satu, dulu aku dua sekaligus yg satu jalan2 di aisle satunya merangkak dibawah kursi2 penumpangπŸ™ˆπŸ™ˆ Dari tatapan sinis, jutex, sampai tatapan kasian uda mengalami Din! Happy jali-jali deh…kapan ke Perth yaksπŸ˜€

  3. setelah kemarin bawa Jo terbang ke Indonesia pas belum 2 tahun mulai berasa umur2 segitu enak bgt kyknya. soalnya sekarang mulai keluar keras kepala dan No nonononono nya itu loooh kalo dikasih tau. Tapi emang bener, kitanya harus santai dan pasti siap mental.. kl kita stress anaknya ikutan.. huhu

    • Iya bener be, kyanya emang periode berat tuh pas mereka masuk umur ga mau dikasih tau plus blom ngerti jg πŸ˜… terbang slanjutnya pasti lbh seru nih secara nenteng 2 krucil hahahaha

  4. Aku beberapa tahun lalu suka melotot kalau ada anak kecil nangis di pesawat, apalagi kalau pas aku kerja. Sekarang sudah lebih baik dan bisa mencoba memahami Ibu-Ibu di pesawat. Saking baiknya pernah anak orang sebagian tubuhnya tidur di pangkuanku. Abis itu gak diucapin makasih sama ibunya. Kampret!

    • Bhahahhahaa paham bgt Tje, sejak punya ponakan pun aku lbh punya empati sm ibu n bayi di pesawat. Tp emang ada aja sih yg ngeselin, kmaren kta bareng ibu yg pengen tidur spanjang terbang n anaknya ngakak sampe triak2 nonton film di gadget dbiarin aja sm ibunya. Grrrr bgts!

  5. Makasih tipsnya Mba πŸ˜€
    Aku udah mewanti-wanti Ian dari sekarang harus ikut aku pulang kalo besok udah punya anak sendiri πŸ˜› Aku panikan sih orangnya soalnya.

    • Hyahahhahahaa harus belajar percaya diri neng, soalnya anak itu sensi bgt sm mood ibunya. Aku berasa lbh tenang sejak punya eden, karena kbayang eden akan cranky bgt klo mood aku jelek 😁

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s