Eden Anak Indonesia

Akhirnya Eden resmi sebagai pemegang paspor hijau, warga negara Indonesia. 😍

Kenapa baru sekarang bikin paspor Indonesia?

Alasan pertama, ibunya Eden pemalas dan seneng tar-sok melulu, jadi aja batal terus deh bikin paspor. Padahal form sudah di print dan di isi, lampiran lengkap, cuma kurang pas foto aja. Tapi ya itu dia, nemuuu aja alasan untuk ga pergi ke KJRI Perth.

Sampai akhirnya M dapat kerjaan di Jakarta, dan Eden berangkat dengan paspor biru Australia. Ternyata proses urus dokumen butuh waktu lebih lama dari yang diperkirakan, jadi setiap 2 bulan Eden harus keluar Indonesia dan masuk dengan visa baru. Akhirnya kita putuskan dari pada harus mondar mandir ke Singapura, lebih baik balik ke Perth untuk urus paspor Eden.

Karena Eden lahir di Perth, jadi harus dibuatkan kutipan akta lahir oleh KJRI Perth, untuk kemudian di daftarkan di kementrian (lupa persisnya kementrian apa), kemudian di daftarkan dalam kartu keluarga, baru bisa mengajukan paspor di Indonesia.

Sedangkan untuk pengurusan di Perth, dokumen yang dibutuhkan sangat mudah. Cukup akta lahir, paspor dan visa orangtua, pas foto. Sudah. Dengan proses 4 hari kerja.

Jadi hari Jumat saya masukkan dokumen untuk pembuatan kutipan akta lahir, affidavit dan paspor. Jumat minggu depan semua dokumen sudah selesai dan bisa di ambil. Hebat kan?

Total biaya; $75, paspor $40, kutipan akta lahir $25 dan affidavit $10. 

Untuk lengkapnya, bisa lihat di http://www.kjri-perth.org.au

Advertisements

14 thoughts on “Eden Anak Indonesia

  1. Haiks.. Perlu sampe bikin akta lahir dulu di kjri ya Din? Trus ada avidafit terpisah? Dulu Jo ga ribet gt loh. Bikin paspor ijonya cukup lampirin fotokopi buku nikah, fotokopi pasporku sama suami trus dokumen standar kalo bikin paspor ijo si kbri. Keterangan dual citizenshipnya juga di paspor aja ga terpisah. Bisa beda jauh gt ya caranya..

    Tapi yang penting skrg Eden resmi dua yaa.. Yeaaaaaay

    • Ga ribet sih Be, dokumen lampirannya sama kok n prosesnya jg bisa sekaligus jd ga tunggu2an.
      Katanya sih emang paspor aja cukup, tp kmaren mikirnya biar skalian aja smua d kerjain biar kelar n ga perlu bolakbalik 😋

      Tos anak Indonesia!

      Btw, kabarin ya klo pas santai, biar eden n jo maen2 bareng. Udah ke giggle yg d fx?

  2. Asyiknya anak bayik udah punya 2 paspor

    Siap2 ibu ngiri nanti saat harus ngurus visa liburan ke negeri antah berantah

    *yang lagi ribet ngurus visa curhat* hahaha

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s