Kawah Putih, Jawa Barat

  
Akhir pekan kemarin kebetulan ada nikahan sepupu di Bandung, jadi sekalian lah kita minta bapakedaddy cuti sehari buat jalan-jalan. Sebetulnya agenda jalan banyak banget, tapi karena males macet dan juga Eden kayanya bosen kalau duduk kelamaan di mobil, jadilah cuma Kawah Putih dan Situ Patengang yang sukses di longok.

Lokasi kawah putih ini sekitar 50km sebelah selatan Bandung, kalau dari Jakarta, langsung aja keluar di pintu tol Kopo dan belok kanan ke arah soreang. Lalu lintas lumayan padat, selain angkot, andong/delman, sepeda motor, juga beberapa kali melewati sekolah dan pabrik berhiaskan angkot yang ngetem nunggu penumpang 🙈

Kawah Putih ini letaknya di Gunung Patuha, dengan ketinggian 2.340m dpl, jadi cuacanya sejuk walaupun bau belerangnya kadang lumayan menyedak. Karena sedang musim kemarau, jadi air kawah surut lumayan jauh, biasanya gundukan tanah/pasir di tengah kawah tertutup air.

Yang istimewa, air di kawah ini berubah warna tergantung pada tingkat konsentrasi belerang dan pembakarannya, kadang biru, putih kehijauan ataupun coklat. Demikian juga bebatuan dan pasir disekitarnya. Makanya tempat ini jadi kelihatan sangat cantik.

  

Dibandingkan terakhir kali saya ke sini tahun 1995, sudah banyak sekali perubahan. Area parkir dan warung tertata rapi, ada mobil angkot yang bisa disewa untuk naik sampai kawah, dan juga tampak lebih bersih terawat. 

Harga tiket masuknya;

  • Wisatawan lokal Rp.18.000
  • Wisatawan mancanegara Rp.50.000
  • Pre-Wed Rp.500.000
  • Parkir atas roda 4 Rp.150.000
  • Parkir bawah roda 4 Rp.6.000

Yang dimaksud dengan parkir atas adalah mobil bisa naik sampai ke dekat kawah. Sedangkan parkir bawah berarti pengunjung parkir di area dekat gerbang masuk, dan naik ke kawah dengan angkot yang biayanya Rp.15.000/orang.

Jangan lupa untuk memperhatikan juga lama kunjungan di kawah, karena bau belerang cukup kuat, maka waktu yang diperbolehkan hanya 20 menit. Dan jangan lupa untuk berdiri di belakang tali pengaman ya, soalnya kemarin saya lihat cukup banyak yang bela-belain lompat tali supaya bisa foto lebih dekat dengan kawah. The sign is there for a reason, be safe and be considerate!

  

Advertisements

25 thoughts on “Kawah Putih, Jawa Barat

  1. Waduh, Meni mahal pisan foto prewed disitu Rp 500.000 D! Bagus ya Kawah Putih memang tempatnya. Aku terakhir ke situ tahun 2011 terus nyambung ke Rancabali. Aku suka tempatnya, sejuk!

    • Hahahaha untung kta ga perlu pre-wed lg ya mba Yo…
      Iya aku suka bgt msh kya hutan, rimbun n sejuk, bsok2 mau tracking ke platform view d atas bukit, kmaren ga tau soalnya klo ada tpt itu.

  2. Wow! Makin bagus ya. Terakhir kesini tahun 2007 kayaknya. Hampir ketinggalan kereta dari Jakarta ke Bandung. Pulang wawancara tes PNS bwuahaha masa2 itu. Iya bener, dulu warna belerangnya tidak sekuning ini. Duhh Eden gemeesshh 😍😍

    • Tiket masuk non WNI-nya sih ga parah mahalnya Be, tiket parkir mobilnya yg bikin nyengir 😁 apalg kmaren kta pergi 2 mobil hahahahhaa

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s