Australian Permanent Resident Visa

Februari kemarin sebetulnya tepat 2 tahun kita melakukan pengajuan visa. Dan waktu Temporary Resident Visa disetujui, (pengertian kita berdua) berati setelah 2 tahun dari waktu mengajukan aplikasi visa maka secara otomatis visa tersebut akan menjadi Permanent Resident. 

Dan setelah duduk manis menunggu selama 1 bulan dan ga ada kabar, akhirnya saya kirim e-mail ke petugas yang dulu mengurus visa saya di Kedutaan Australia di Jakarta. Jawaban yang diberikan berupa link untuk proses perubahan visa; http://www.immi.gov.au/contacts/forms/partner/ dan http://www.immi.gov.au/services/Pages/immiaccount.aspx

Ternyata kami harus melengkapi dan mengirimkan dokumen lagi, walaupun ga sebanyak dan selengkap sebelumnya, yang penting dokumen harus mampu menunjukkan kalau kita masih sama-sama.

Dokumen yang diperlukan selain dokumen umum, 

  1. Form 888 yang merupakan kesaksian warga negara Australia yang mengenal dan mengetahui hubungan kami, dan ditandatangani notaris/pejabat berwenang,
  2. Bukti alamat, bisa berupa copy rekening koran, tagihan listrik/air, dll,
  3. Keterangan dari kepolisian Australia bahwa saya tidak terlibat tindak kejahatan, semacam SKKB kalau di Indonesia,

Alhamdulillah prosesnya ternyata ga lama, sekitar 2 bulan setelah dokumen dikirim, kami dapat email kalau visa permanent resident saya sudah disetujui. Proses selanjutnya adalah memperbaharui setiap 5 tahun sekali untuk PR holder yang berdomisili di Australia, dan setiap tahun untuk mereka yang berdomisili di negara lain.

Advertisements

12 thoughts on “Australian Permanent Resident Visa

  1. Yeayyyy congratulations! Emang urusan sm Imigrasi itu ribet ya… waktu aku apply di sini (NZ) dokumennya banyak banget juga sampe bikin list sendiri supaya gak terlupa. Belom nunggu surat kelakuan baik dll. Pas dapet senengnya sampe dada mau pecah hahaha

    • Wahhh bagian ngumpulin dokumen itu emang pr bgt ya, plus deg2an takut ada yg klewat ato ktinggalan 😁 untung smuanya udah kelar, legaaaaa…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s