Call 000!!

Prakiraan cuaca di Perth hari ini memang akan ada hujan badai. Mulai tengah hari awan gelap mulai tebal dan angin mulai kencang. Saya lagi di dapur nyiapin makan siang Eden waktu tiba-tiba ada suara ledakan dan lampu mati. Saya pikir itu petir hebat sampai listriknya mati. Eden sempat nangis kaget, ya saya juga deg-degan gmana dia ya kan…

Lalu kami pindah ke ruang depan dan saya buka tirai supaya cahaya masuk. Dan diluar ada bapak-bapak berdiri di area garasi sambil tunjuk ke atas, dan ada ibu gendong bayi dibelakangnya. Saya melongok lewat jendela kaca, dan ternyataaaaa asap tebal muncul dari 2 pohon di sebelah rumah!

Saya lari keluar untuk melihat. Rupanya petir tadi menyambar pohon, dan entah bagaimana dua pohon palem itu pun terbakar. Betul-betul ada api di kedua pohon itu! Ya ampun saya ketakutan.

Langsung telpon M, setelahnya saya telpon emergency 000.
– Pertanyaan pertama adalah; butuh pemadam, ambulans atau polisi.
– Dan karena sifatnya terpusat untuk seluruh Australia, pertanyaan kedua adalah di negara bagian mana dan kota apa.
– Tersambung dengan jalur emergency Western Australia, dia tanya ada apa dan alamat lokasi.

Ga lama mobil pemadam datang. Rasanya cuma 5 menit dari jarak saya telpon, ternyata ibu yang tadi datang sudah bantu menghubungi emergency juga. Alhamdulillah.

Sebetulnya pohon itu bukan dihalaman rumah saya, tp kalau terjadi apa-apa yang kena duluan pasti rumah kita yang model duplex. Dan saat itu tetangga kita lagi ga dirumah pula.

Singkat cerita, api padam dan salah satu petugas membantu menyalakan listrik kembali. Alhamdulillah ya Allah, duh untung ada orang yang peduli dan bantu, kalau ga entah apa yang terjadi deh…

Di dua perusahaan terakhir, saya berulang kali kebagian peran jadi Fire Warden dan sudah 2 kali juga ikut Fire Fighter Training. Berulang kali ikut fire drill di lokasi kerja. Tapi melihat api didepan mata sambil gendong Eden itu betul-betul bikin nyali saya ciut. Untung bapak tetangga itu berbaik hati menemani sampai pemadam pergi. Ga kebayang kalau saya betul-betul cuma berdua Eden.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, dimanapun dan kapanpun. Aamiin…

IMG_0630.JPG

IMG_0631.JPG

23 thoughts on “Call 000!!

    • Hahahaa ngegiring orang emang tantangan bgt buat fire warden Tje, presdir kantor kmaren pernah ga mau evakuasi karena dia ngrasa cuma drill aja, akhirnya dpt warning deh…
      Ebtw ya, waktu fire fighter training itu diajarin klo dlm bbrapa kasus, nyiram api pake air malah akan bikin api lbh besar. Klo tertarik coba cari deh di youtube.

  1. Aaahhh iyaaa…kemarin memang thunderstormnya mengerikan ya. Anjing aku aza ga mau kluar2 sampe malam. Padahal kemarin itu aku wara wiri kesana dan kesini beberapa kali sempat liat kilatan petir pas di depan mata…duuh! Semoga hari ini ga pake thunderstorm ya. Take care Dinny.

    • Petir yg pertama itu kyanya bikin ssuatu d rmh sebelah meledak deh, makanya suaranya kenceng bgt. Petir selanjutnya sih eden anteng aja. Smoga ga usah sampe ngalamin ya nek…

  2. Disana sigap banget ya mba, padahal cuman ga sampai 5 menit tapi waswasnya pasti ga ketulungan. Disini pastinya udah nangis histeris aku apalagi kalo ga dateng-dateng mobil pemadam kebakarannya 😦

    • Liat apinya nyala dipohon plus bunyi kretek2 ngbakar dahan kering bikin jantung mencelos 😭
      Smoga gakan pernah kjadian sm kita smua ya, smoga sehat selamat teruuuus…

  3. Syukurlah Din.., semua aman terkendali.. Eh kalo di daerah Perth situ suka ada kebakaran semak juga kah..? Di area North Queensland biasanya mulai musim nih kebakaran semak.. Aku pernah ngelewatin jalan sekitar 2km pas malam-malam, sepanjang jalan semak-semaknya terbakar semua..

Leave a Reply

