Mom’s Group

Beberapa bulan sebelum melahirkan, dokter dan bidan sudah mulai menyarankan untuk bergabung dengan mom’s group di komunitas yang tersedia. Apalagi karena mereka tahu kalau saya masih baru di Perth dan ga punya siapa-siapa.

Setelah ibu saya pulang ke Jakarta, otomatis saya hanya berdua M mengurus Eden. Itupun M harus kerja jadi seharian ya sendiri deh. Nana rajin datang setiap 2/3 hari sekali untuk bantuin saya. Alhamdulillah mertua saya ini baik banget. Beliau selalu menawarkan diri untuk cuci piring, setrika, jemur baju atau apa saja pekerjaan rumah yang belum saya selesaikan. Tapi karena Eden waktu tidurnya lumayan bagus jadi saya selalu bisa sediakan waktu untuk beresin rumah. Akhirnya Nana cuma nemenin saya minum teh sambil ngobrol deh.

Komunitas pertama yang saya tahu adalah Ishar, multicultural women’s health centre yang lokasinya di Mirrabooka. Sekitar 20 menit berkendara dari rumah. Saya pernah sekali nyaris datang ke mom’s group disini tapi batal gara-gara tragedi stroller.

Selanjutnya ada juga Fathers and Mothers Group yang diadakan sama Balcatta House, untuk datang bisa booking ke 9345.7100. Lagi-lagi saya kalah sama rasa malas untuk keluar rumah.

Sampai akhirnya saya ikutan kelas Taste Bubs di Balcatta House. Kelas ini membahas pengenalan makanan pendamping ASI untuk bayi. Lumayan membantu karena hampir semua pertanyaan saya terjawab. Nah, disini saya kenalan sama salah satu ibu dan tanya apakah boleh saya gabung dengan mom’s group yang dia ikuti.

Singkat cerita, sekarang setiap hari Kamis jam 1 siang saya dan Eden ikutan kumpul dengan ibu-ibu di mom’s group tsb. Bayi kami hampir seumuran, dan seru mendengar cerita mereka tentang pengalaman masing-masing. Saling kasih info dan juga support. Rencananya kami akan segera pindah dari ngupi cantik di cafe ke taman karena para bayi mulai latihan merangkak.

Dulu saya suka senyum-senyum sendiri kalau lihat gerombolan ibu dan bayi beserta kereta dorongnya ngumpul di cafe atau taman. Sekarang saya jadi bagian dari gerombolan itu. Mungkin di Indonesia ga perlu ya komunitas seperti ini, tapi buat anak rantau macam saya terasa membantu banget. Setidaknya jadi punya teman ngobrol dan main buat saya dan Eden.

Saya masih mau coba gabung dengan beberapa grup lain yang diadakan posyandu, seperti playdate grup dan sejenisnya. Juga ada bootcamp untuk ibu dan bayi, ada les berenang bayi dan sebagainya. Nanti saya cerita lagi deh ya kalau sudah ikutan kegiatan atau komunitas baru.

19 thoughts on “Mom’s Group

Leave a Reply

