Bule Tipuan

Bukan berita baru lagi ya kalau banyak bule tipuan penjaja cinta di dunia maya. Dan apapun alasan dan pembenarannya, sayangnya masih banyak aja yang jadi korban.

Seorang teman SMA saya beberapa waktu lalu tiba-tiba watsap saya nanya soal awal hubungan saya sama M. Rupanya dia lagi dekat dengan seseorang di Inggris sana dan mereka ketemu di fesbuk. Katanya si bule ini sudah berbulan-bulan usaha deketin teman saya dan akhirnya teman saya luluh juga.

Langsung lah saya wanti-wanti soal banyaknya penipuan dengan modus cecintaan di sosmed.

Beruntung saya dan M ketemu dikantor, walaupun ga satu grup tapi kami bekerja di perusahaan yang sama dan beberapa teman kantor saya pernah kerja di proyek yang sama dengan M. Jadi terhitung cukup aman deh ya awal mula hubungan kami.

Teman saya ini berkomunikasi intens hanya melalui pesan di inbox fesbuk. Sesekali tlp tapi karena bhs inggris teman saya terbatas, jadi dia lebih nyaman hanya dengan texting. Singkat cerita si bule menjanjikan pernikahan dan akan segera datang ke Jakarta menemui teman saya.

Si bule dapat kerjaan di Malaysia, teman saya ada fwd beberapa email dari si bule termasuk copy tiket pesawatnya ke Jakarta. Ini beberapa hal aneh yang saya temui;
1. Bhs inggris si bule ini asli acak adul banget. Semacam copas dari google translate.
2. Foto keluarga (ibu dan anaknya) ga pernah ada yang bareng sama dia, selalu terpisah.
3. Perusahaan di Malaysia itu website-nya ga berhasil saya temukan di google.
4. Copy cek pembayaran juga ajaib, mata uang originalnya dicoret dan diganti mata uang lain.

Klimaksnya si bule sudah sampai Malaysia tapi kekurangan uang karena perusahaan baru ini minta dia deposit sejumlah uang untuk pekerjaan barunya. Tetot! Teman saya dalam kondisi keuangan ga berlebih jadi ga memberikan uang yang diminta. Awalnya minta $500 sampai akhirnya turun jadi $50. Tetap saja buat teman saya itu jumlah yang ga sedikit dan bisa ditebak, si bule tipuan ini pun hilang jejak. Teman saya patah hati. Iya, dia merasa kalau ada uang mungkin hubungan mereka bisa berlanjut. Anyway, sukurlah setelah beberapa bulan akhirnya teman saya bisa moooove on 😋.

Teman saya yang lain lebih heboh lagi. Dia sudah sampai airport untuk menjemput si bule, dan tuh bule ga nongol. Teman saya dapat kabar beberapa hari setelahnya kalau si bule ditahan imigrasi Malaysia karena bawa uang tunai lebih dari batas yang dibolehkan. Si bule minta teman saya transfer sejumlah uang ke seseorang di kedutaan untuk menjamin kebebasannya. Untungnya lagi teman saya juga ga punya uang sebanyak itu dan langsung sadar kalau dia ditipu.

Dari salah satu grup kawin campur di fesbuk pun saya dengar kalau ada yang tertipu sampai kehilangan sejumlah uang, bahkan rumah dan mobil untuk membantu si bule menjalankan usaha yang katanya ‘investasi bersama’.

Konon katanya cinta itu buta, tapi semoga kita semua dijauhkan deh ya dari segala kejahatan dan tipu daya. Selalu dengerin hati nurani, kalau rasanya salah biasanya pasti memang ada yang salah.

Pemerintah Australia ternyata cukup prihatin soal banyaknya kasus penipuan ini, untuk info jelasnya bisa dilihat disini ya…

13 thoughts on “Bule Tipuan

  1. Kalau gak salah di group kawin campur ada Bunda Fey yang sering nulis tentang ini dan ceritanya buaaaanyak banget, sampai bosen guwe bacanya. Kebanyakan orang-orang ini dari Afrika dan ngambil foto-foto Jenderal di internet. Mengerikan banget nggak sih.

    Kalau mau cari bule mendingan cari website perjodohan yang berbayar deh, ketahuan terverifikasi identitas kedua belah pihak.

  2. Serem ya D susah juga kalau cinta lewat mensos. udah ketemu dan jalan aja kadang juga kita masih mikir, ini cuma lewat mensos wahhh…
    Semoga teman kamu segera move on ya D, buang aja itu bule gadungan ke tong sampah.

    • Smoga jg info adanya bule tipuan ini makin banyak yg tau ya Feb, soalnya tmn gw yg patah hati itu br denger dr gw. Jd udah ngarep2 gtu deh 😬

      • iya bener D, mereka pinter bgt lagi nyari nya perempuan2 Indo yg gampang dikibuli, ada tuh mertua nya sepupu gw kena juga, ampun deh dipuji2 sampai ke langit ke 7, gimana coba si emak kagak kemakan pujian :))

      • Neeeek ga salah tuh? Mertua sepupu berarti udah tuwir bukan? Sadis jg ya penipu2 ini, ga peduli umur berarti 🙈

  3. ini ada temen gw dua orang yg konsul ma gw, si G dan si V, pertama ditelp sm si G crita gini gitu trus udh suka, ksh foto anak dll, nah kan penipuan jgn percaya, skrg si G nikah sm org Indo yg super baik, trus ada lagi si V yg masih mencintai sosok aneh ini sm juga malaysia blgnya, lg buka bisnis bla bla butuh duit,.. walaah.. ternyata musim toh tipuan macam gini,…

    • Konon katanya malah udah ada sindikatnya, ngeri ya… Smoga dengan makin banyak yg tau soal kasus bgini, korbannya jg makin berkurang.

Leave a Reply

