Ngontrak di Perth

Akhir April kemarin genap setahun kita tinggal di rumah kontrakan ini. Dan kayanya sampe April tahun depan masih akan disini secara awal tahun kemarin agen-nya udah nanya mau perpanjang atau ga.

Cari rumah disini tuh beda banget sama di Jakarta atau Bandung. Hampir semua rumah dijual atau disewakan lewat agen real estate. Jadi kita tinggal cari secara on line lewat salah satu website seperti real estate atau yang lain. Lalu masukkan lokasi yang diinginkan, kisaran harga, tipe properti (rumah, townhouse, dll), jumlah kamar dan kamar mandi, juga kapasitas parkir kendaraan. Nanti keluar deh tuh pilihannya.

Setelah itu, kita bisa lihat jadwal open house-nya. Saya sempat kaget karena jadwal open house ini rata-rata cuma 15 atau 30 menit. Jadi waktu kemarin kita cari rumah itu, harus lihat betul-betul lokasinya supaya ga nyasar dan telat.

Begitu sampai di lokasi yang mau kita lihat, agen akan menyambut kita di ruang depan atau dapur untuk meminta data kita (nama, tlp dan email) dan kalau ga terlalu rame pengunjung biasanya dia akan nanya apakah kita cari rumah untuk ditinggalin atau investasi, apakah ini pertama kali kita beli rumah (ada semacam subsidi dari pemerintah untuk first time buyer), juga apakah rumah ini kelihatan cocok sama yang kita cari. Setelah itu dia akan membiarkan kita keliling lihat rumah. Ga ada tuh yang ngintilin kita selama keliling.

Biasanya kalau saya dan M ngerasa rumahnya bisa dipertimbangkan, kami akan keliling area tsb untuk cari tau apakah dekat dengan taman, sekolah maupun shopping mall. Dan kami juga selalu cek waktu komuter M nanti ke kantor, untungnya hal ini bisa gampang banget dicek melalui transperth. Lengkap dari berapa jauh jarak dari rumah ke halte atau stasiun terdekat plus waktu tempuhnya sampai tiba di tujuan. Btw saya pernah bahas soal transperth ini disini.

Rumah kontrakan kita sekarang ini buat saya cukup banget dari segi ruang dan lokasi. Yang bikin malas itu karpet dan pilihan lampunya yang ampun deh oma-oma banget. Lokasi yang nyaman ini bikin agak susah cari rumah karena memang strategis banget. Dekat pantai, shopping mall, stasiun kereta dan halte bis, juga dekat mertua.

Sebelum menempati rumah kontrakan, kami harus bayar security bond sebesar biaya sewa 1 bulan. Security bond ini kemudian dibayarkan oleh agen real estate ke Department of Bond and Housing (cmiiw). Harga sewa biasanya dibuat mingguan, tapi kita bisa bayar mingguan, dua mingguan, bulanan atau langsung setahun penuh.

Setiap 1.5 bulan, agen real estate akan datang untuk inspeksi. Biasanya sebulan sebelum mereka akan kirim surat pemberitahuan supaya kita bisa siap-siap. Enaknya ngontrak itu kita ga perlu khawatir sama urusan perbaikan.

Misalnya nih kan sudah mulai banyak hujan, kemarin ada orang datang membersihkan saluran air di atap supaya ga mampet. Lalu sempat bocor di atas dapur, kami tinggal lapor aja mereka yang urus perbaikan dan juga cat ulang temboknya. Enaknya lagi, kita ga perlu ngurusin si tukang-tukang ini. Mereka akan bersihkan dan vakum ruangan setelah selesai kerja, ga usah repot sediain minum/makan, bahkan tip. Bagian terakhir saya suka ragu, tapi keliatannya ga umum buat mereka karena biasanya pada pamit dan langsung ngeloyor.

Kalau lihat ga banyak biaya yang mesti kita keluarin untuk beresin ini itu, kayanya enakan ngontrak ya? Tapi kalau lihat biaya sewa yang kita keluarin, rasanya pengen cepet-cepet dialihkan jadi biaya cicilan rumah. Doakan kami segera berjodoh dengan rumah baru ya…

Advertisements

16 thoughts on “Ngontrak di Perth

  1. Wah enak ya kalau kontrak disana pipa bocor langsung di ganti sama pemilik, kalau di indo mana mau tau si punya kontrakan 😀 tapi ngak semua juga ya tapi kebanyakan.
    D ‘ waktu perpanjang harganya di naikin ngak ?

  2. nyari rumah yang cocok emang susah kalo mau memenuhi semua kriteria ya. akhirnya pasti harus ada kriteria yang dikorbankan…. hehehe.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s