Transportasi di Perth

Transperth adalah nama jaringan transportasi di Perth yang menggunakan bus, kereta dan ferry. Enak jadi mau kemana-mana nyambung, walaupun tetap ada proses jalan kakinya.

Rumah kita sekarang ini posisinya sangat strategis, cuma jalan beberapa meter sudah ada halte bus. Kalau mau jalan kaki ke stasiun kereta pun bisa, sekitar 1.7km atau 25 menit. Dulu waktu M pertama kali bilang jarak segitu dekat untuk jalan kaki, saya langsung berisik. Gila apa jalan kaki hampir 2km begitu? Jauh tauuuuuk… Tapi setelah sampai di Perth, jarak segitu ya ga ada rasanya lagi. Saya malah sudah ikut maraton 4km kok, dan juga sudah jago naik tangga tanpa kehabisan napas. Kemajuan banget! Enaknya lagi, ada kereta ekspres dari Perth ke Stirling (stasiun dekat rumah). Jadi lumayan, bisa lewat 2 terminal tanpa mampir, irit waktu.

Ada 6 jalur kereta di Perth, yaitu Armadale, Fremantle, Joondalup, Mandurah, Midland dan Thornlie. Jarak tempuh dari pusat kota ke stasiun terluar bisa sampai 1 jam atau lebih. Dan kalau jam pergi dan pulang kantor, kereta bisa penuh sesak juga loh. Kalau sudah begini saya biasanya memilih berdiri, karena stasiun kami lumayan dekat jadi bisa gampang keluar. Dan sekarang dengan status ibu hamil, saya bisa duduk manis di priority seat. Lumayan, rejekinya Lil Aussie…

Perhitungan harga dibagi dalam 9 zona, dengan kisaran harga 2-10 dolar. Masing-masing zona berkisar antara 8-10km. Kalau perjalanan dengan kereta dan bus kita masih dalam zona yang sama, kita hanya dikenakan harga 1 zona. Seperti misalnya saya naik kereta dari Perth City sampai Stirling membayar harga zona 1, kemudian disambung dengan bus sampai ke halte dekat rumah dihitung gratis, karena masih terhitung 1 zona. Praktis ya. Sedangkan untuk pelajar dikenakan harga tiket 50sen, jadi mereka harus memberikan tempat duduk kepada orang lain. Untuk anak di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya.

Kartu pembayaran transperth ini dinamakan SmartRider. Pembelian perdananya 10 dolar. Pembayaran tunai juga bisa, disediakan loket otomatis disetiap stasiun dan juga bisa dengan pembayaran langsung ke supir bus. Untuk menambah nilai SmartRider juga disediakan loket otomatis, tetapi kami memilihi auto top-up. Jadi setiap kali nilai SmartRider sudah mencapai 6 dolar, secara otomatis akan di debet dari rekening dan langsung bertambah jadi 100 dolar. Praktis, ga perlu antri. Kita juga bisa mendaftarkan SmartRider secara online dan mendapat informasi mengenai keterlambatan atau perubahan jalur melalui email. Jadi bisa cari rute atau transportasi alternatif.

Jangan lupa untuk selalu Tag-On pada saat akan menggunakan fasilitas Transperth, dan Tag-Off ketika turun bus atau keluar stasiun. Karena kalau kita lupa, secara otomatis akan dikenakan tarif zona terjauh. Selain itu juga sering ada pemeriksaan tiket di dalam kereta. Kalau ketahuan kita ga punya tiket atau lupa tag-on, kena denda 50$.

Disetiap gerbong kereta maupun bus terdapat 4 priority seat yang diperuntukan bagi mereka dengan kebutuhan khusus, senior/orang tua, ibu dengan bayi atau stroler dan ibu hamil. Untuk ferry, area ini lebih luas lagi, bahkan ada semacam parkiran sepeda. Sepeda diperbolehkan selama tidak dalam jam sibuk, jam 7-9 pagi dan jam 4.30-6.30 sore. Juga dibatasi hanya boleh 4 sepeda dalam tiap gerbong. Untuk sepeda, stroler maupun kursi roda, disediakan lift di setiap stasiun. Walau kadang yang bawa sepeda lebih suka memanggul sepeda dan naik/turun tangga. Sedangkan bus, untuk penumpang dengan stroler atau kursi roda, ketika berhenti di halte, posisi bus akan sedikit miring ke kiri dan ada sambungan yang keluar dari bawah pintu bus seperti jembatan ke trotoar. Aman deh, ga perlu susah payah angkat/gotong stroller.

Area parkir disediakan di setiap stasiun, dan dibagi 2. Area gratis (lock n ride) dan area bayar (pay n display). Area gratis biasanya terbatas, sedangkan area bayar cukup luas. Harga tiket parkir untuk 1 hari hanya 2 dolar, dan harus dibayar segera setelah parkir. Karena tiket parkir ditinggal di dashboard untuk pemeriksaan petugas, kalau ga ada tiket parkir nanti ditilang. Mesin untuk bayar tiket ini tersebar di area parkir, dan pembayaran bisa menggunakan uang cash, kartu smartrider ataupun kartu kredit.

Oiya, ada beberapa bus yang disediakan gratis. Di area Perth CBD, ada 3 rute CAT (central area transit) yaitu Red Cat, Blue Cat dan Yellow Cat. Lumayan loh rutenya, sekalian bisa keliling gratis. Daripada ikut Sightseeing Tour Bus yang harganya 25 dolar per orang hehehehe… Sedangkan di area Fremantle ada 2 rute Cat, tapi saya lupa *tepakjidat.

Terakhir, kita bisa tahu jadwal yang sesuai dengan kebutuhan. Tinggal buka website Transperth, lihat bagian Journey Planner. Bisa juga download applikasinya untuk smartphone. Masukkan alamat tempat kita berada dan juga alamat tujuan, hari dan tanggal, jam berangkat. Nanti akan keluar deh bus nomor berapa saja yang lewat di halte-halte sekitar kita, jam berapa, lengkap sampai rute kereta sampai tujuan. Jadi ga perlu bengong kelamaan di halte.

Kalau pertanyaannya, ada taksi ga disini? Ada tentu saja, tapi ya begitu deh, mahaaaal… Hahahaha jadi mari, enjoy life as local people.

20140205-101134.jpg

20140205-101148.jpg

20140205-101205.jpg

20140205-101219.jpg

20140205-101233.jpg

20140205-101245.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Transportasi di Perth

    • Hemat bgt Non, klo M pas bw mobil k ktr, parkirnya aja sehari bisa 25-30$ 😓 dan jg angkutan umumnya tepat waktu, jd tambah nyaman.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s