Akhir Pekan di Augusta

Augusta letaknya di selatan Perth, sekitar 320km. Dan kalau kesini, harus siap-siap kedinginan karena musim panas pun udara disini terhitung sejuk. Kalau ada dana lebih, sebaiknya berangkat sekitar bulan Juni, jadi bisa ikut tur untuk lihat ikan paus. Konon kalau beruntung sih cukup berdiri di pinggir pantai, nanti bisa kelihatan gerombolan paus yang lagi mampir dalam proses migrasinya. Sayangnya 2 kali kesana saya ga beruntung, mungkin harus balik lagi ya? Kekekekkekk…

Waktu pertama kali ke Augusta bulan Juni 2012, kita mampir dulu di Bunbury, 180km dari Perth. Lumayan sempet lihat gerombolan lumba-lumba dari pantainya, dan juga naik ke menara untuk lihat pemandangan kota dari atas. Perjalanan kedua, April 2013, kita ga lagi mampir Bunbury, tapi langsung ke Margaret River.

Kita mampir untuk makan siang di Margaret River, yang jaraknya 277km dari Perth. Margaret River ini kota kecil tapi cantik dan menyenangkan. Ada fudge factory, dimana kita bisa lihat langsung proses pembuatan fudge. Silahkan dicoba berbagai macam rasa fudge sebelum akhirnya memutuskan akan beli yang mana, karena mereka menyediakan banyak tester untuk setiap rasanya.

Sebetulnya ada 2 rute dari Margaret River ke Augusta, scenic route lewat hutan Karry dan beberapa gua, sedangkan rute lainnya jalan biasa tanpa pemandangan cantik atau obyek wisata. Karry ini nama sejenis pohon di Australia, modelnya tinggi langsing menjulang. Pokonya kalau dengar kata hutan disini, jangan berpikiran seperti hutan kita di Indonesia ya… Beda banget! Diperjalanan membelah hutan kerry ini ada tempat berhenti untuk lihat pemandangan. Teduh, tenang, damai, pokonya beneran kaya di hutan deh…

Di rute ini juga ada beberapa gua, antara lain Lake Cave, Jewel Cave dan Mammoth Cave. Tapi menurut M, Jewel Cave paling spektakular, jadilah kita cuma mampir disini aja. Untuk masuk ke gua, kita harus ikut tur, dimana nanti guide akan mengantar kita keliling. Lampu yang menyala nanti hanya tempat-tempat dimana kita berhenti. Ada semacam panggung di beberapa sudut, banyak tangga dan jembatan, juga lorong yang dibangun sedemikian rupa supaya ga mengganggu bebatuan dan bentuk gua. Jangan kaget karena nanti guide akan mematikan seluruh penerangan dalam gua, supaya kita tau apa itu yang namanya kegelapan total. Ada satu bagian dimana stalaktit itu entah saya lupa bagaimana penjelasannya, tapi stalaktit itu bentuknya kecil dan tumbuh kembali ke atas dan menyamping. Cantik menakjubkan, seperti peri-peri kecil bergelantungan.

Tidak terlalu jauh dari Jewel Cave, kita sudah tiba di Augusta. Setelah cek-in, kita langsung menuju Mercusuar Leeuwin untuk ikut tur terakhir. Kita bisa masuk ke pekarangan mercusuar secara gratis, tapi untuk masuk dan naik ke atas mercusuar harus bayar tiket dan ikut tur. Walaupun sudah yang kedua kali, tetap buat saya pemandangan disini keren banget. Disana juga tempat bertemunya laut selatan dan laut india, kalau ngapung lempeng blas bisa sampe Antartika, kalau ngapungnya lempeng ke barat bisa nyampe Afrika Selatan. Kekekkekeek… Kebangetan ya ngapungnya?

Kakek nenek M dari pihak ibu dulu tinggal di Augusta, jadi semacam mudik kayanya buat dia jalan-jalan kesini. Satu-satunya bakery yang ada di kota ini berdiri sejak tahun 1948, dan rumah kakek nenek M dulu persis ada di belakang bakery ini. Tempatnya kecil dan menyenangkan, menghadap ke sungai dan laut. Cocok banget buat sarapan. Di trip kita yang pertama, kita cuma beli roti aja disini dan sarapan di pinggir sungai. Nongkrongin burung pelikan yang anteng banget menikmati pagi.

Selesai sarapan, kita muter-muter Augusta yang cuma seucrit itu dan lanjut arah balik menuju Perth. Rute balik bisa lewat Margaret River seperti waktu berangkat, atau lewat rute lain dan mampir di Pemberton untuk naik pohon raksasa ‘The Gloucester Tree’.

Nah, masuk kota Pemberton, kalau mau ke pohon Gloucester kita harus mampir ke visitor centernya untuk beli tiket. Itu pohon tingginya 60m dan untuk naik betul-betul ga ada pengaman. Tangganya hanya berupa semacam besi beton yang ditancapkan melingkar ke atas disekeliling pohon. Dan ada beberapa bagian dimana dahan pohon yang besar itu bikin proses manjat jadi susah. Siap-siap memar dengkul atau malah kencang betis, tergantung panjang tungkai kaki kita deh… Sampai atas, ada sedikit bangunan semacam rumah pohon untuk menikmati pemandangan sekitar. Mungkin selama manjat tadi saya sibuk konsentrasi ya, jadi pas sampai rumah pohon ini baru kerasa tinggi dan agak takut. Pohonnya goyang-goyang kena angin nek, wihhhh ngeriiii… Perjalanan turun sih ga terlalu susah, lumayan cepat juga, mungkin karena ga sabar aja sih kali pengen cepat berpijak di tanah hahahaa…

Keluar dari Pemberton, kita mampir ke perkebunan anggur ‘Lost Lake’. Beli oleh-oleh buat mama papa Masbul yang punya koleksi wine cukup banyak, juga lihat perkebunannya. Kapan lagi mampir-mampir ke tempat beginian kan? Kekekekekk…

Rute pulang arah sini agak kurang menarik, atau mungkin saya yang memang udah teler kecapean abis manjat pohon, jadi banyakan meremnya nih mata sepanjang jalan. Kita mampir di Manjimup buat makan siang, abis itu langsung blassss ke Perth.

Beberapa tips lagi untuk rute ini:
1. Cek jadwal tur di tempat tujuan wisata, supaya kita bisa tiba di tempat ga terlalu sore ataupun harus menunggu lama. Rata-rata tur memakan waktu 45menit – 1jam.
2. Pastikan bawa bekal karena kota-kota wisata ini umumnya kota kecil yang hanya punya beberapa tempat makan yang waktu bukanya terbatas. Kasihan kan kalau kelaparan, apalagi kalau bawa anak kecil.
3. Jangan lupa cek perkiraan cuaca di tempat tujuan supaya ga salah kostum, juga siapkan sepatu yang nyaman terutama kalau mau manjat pohon Gloucester.