The Pinnacles Desert

20140205-210547.jpg

Sampai hari ini, saya sudah 2 kali berkunjung ke Pinnacles dan ga keberatan kalau ada yang ngajak ke sana lagi. Tempat ini buat saya keren luar biasa, misterius dan menakjubkan. Seperti biasa, alam selalu membuat kita semakin menyadari betapa kecilnya manusia dan betapa Maha Kuasa Allah Sang Maha Pencipta.

Pinnacles ini letaknya di Cervantes, sekitar 250km dari Perth dan merupakan bagian dari Taman Nasional Nambung. Tempat ini buka sepanjang tahun, tetapi waktu terbaik untuk kesini sekitar Agustus – Oktober. Mungkin September akan lebih cantik karena waktunya bunga liar bermekaran. Seru, sepanjang jalan jadi warna warni.

Luas area Pinnacles sekitar 400hektar dengan track/rute keliling sepanjang 4km, kita bisa berkeliling dengan mobil atau jalan kaki. Sepertinya lebih puas kalau jalan kaki, karena bentuk dan pola setiap Pinnacles ini berbeda-beda. Tingginya pun beragam, dari yang pendek sampai ada yang sekitar 5m. Tapi harus diingat kalau ini betul-betul padang pasir, jadi kalau mau jalan kaki, pastikan perlengkapan kita sesuai dan ga lupa bawa minum ya…

Maksud hati sih kepingin menceritakan proses terbentuknya Pinnacles ini, tapi kayanya terlalu rumit ya hehehe… Dengan bahasa sederhana ala saya, sepertinya Pinnacles ini terbentuk dari batu kapur/batu gamping, dimana kemudian menjadi tempat tumbuhnya pepohonan. Soalnya kalau diperhatikan, pola yang tampak di permukaan Pinnacles ini seperti batang pohon dan akar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Western Australia National Museum, diperkirakan kalau Pinnacles ini terbentuk sejak 80.000 tahun yang lalu. Ah pokoknya keren lah, silahkan di baca sendiri ya di Wikipedia dan http://www.visitpinnaclescountry.com.au

Oiyaaa satu lagi. Area yang pasirnya berwarna begini cuma di Pinnacles, padang pasir disekitarnya berwarna putih bersih. Jadi kelihatan kontras banget dari jauh. Dan, tentu saja, keren.

20140205-210632.jpg

20140205-210645.jpg

20140205-210656.jpg

20140205-210706.jpg

20140205-210716.jpg

Advertisements

2 thoughts on “The Pinnacles Desert

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s