Australia Day – 26 Januari

Tanggal 26 Januari diperingati sebagai hari kelahiran Australia, atau lebih dikenal dengan Australia Day. Lahir dan bukan merdeka, soalnya tanggal tsb diambil dari pertama kalinya pasukan Inggris mendarat di daratan Australia. Kemudian semakin banyak masyarakat Eropa, terutama Inggris yang datang dan menetap disini.

Australia Day dirayakan secara besar-besaran di semua negara bagiannya. Di Perth sendiri, kembang api baru ada pada malam 26 Januari dan bukan malam tahun baru. Baru hari ini loh saya lihat Perth City jadi lautan manusia. Ternyata banyak juga ya penduduknya hahaha…

Tahun ini kantor M memperbolehkan karyawannya untuk melihat kembang api dari gedung kantor, tapi hanya boleh ke lantai tempat karyawan bekerja. Ga boleh keluyuran lihat-lihat lantai lain. Padahal saya penasaran pengen lihat lantai paling atas tempat makan siang karyawan. Berada di ruang kantor M rasanya seperti dejavu, soalnya lay out kantor kan harus standar di negara manapun berada. Walaupun tentu saja kantor Jakarta masih kalah modern ya…

Setiap karyawan diperbolehkan mengajak 5 orang, jadilah kami segerombolan lengkap; M, saya, 2 krucils dan mertua. Masing-masing pengunjung mendapat satu kartu akses untuk masuk lift, dan harus dikembalikan malam itu juga pada saat keluar lift.

Ternyata ga banyak karyawan yang memanfaatkan kesempatan ini. Kebetulan hanya beberapa orang dari divisi-nya M yang datang malam itu, karena meja mereka memang berada di samping jendela kaca yang menghadap ke arah sungai tempat kembang api dipasang. Nana (ibu mertua) sudah siap kecewa karena mungkin suara dentum kembang api ga akan terdengar dari ruangan tempat kita berada. Ibu mertua saya ini suka banget kembang api, malah kelihatan lebih ceria dari cucunya hihihi…

Kembang api dipasang di tengah sungai, dengan barisan perahu di sisi kiri dan kanan, juga lautan manusia di sepanjang tepi sungai. Dari lantai 37 ini juga terlihat jelas banyak yang nonton dari Kings Park yang posisinya tinggi dan merupakan tempat paling strategis buat lihat Perth city light. Gerombolan yang ada di ruang kantor mulai sibuk buka bekal dan harum makanan memenuhi ruangan. Ada yang bawa karpet piknik segala loh, seru!

Jam 8 tepat, kembang api mulai memenuhi langit, berdentam menggelegar. Senangnya karena ternyata suaranya tetap terdengar, jadi maksimal deh rasanya. Ada kembang api bentuk kupu-kupu, hati, spiral, dll. Lucu juga, biasanya kan hanya pijaran bunga. Ada beberapa juga yang munculnya seperti 3D yang datang menghampiri kita. Dan ternyata kembang api di Fremantle juga kelihatan dari sini, walaupun kecil ya… Pesta kembang api berlangsung selama 30 menit. Diakhiri dengan tepuk tangan tanpa aba-aba dari penikmat di lantai 37 sini.

Mertua memutuskan untuk langsung turun pulang sebelum jalan menjadi padat, mereka parkir mobil cukup jauh, sekitar 20 menit jalan kaki. Sementara kami parkir mobil di stasiun kereta Stirling, menghindari macet. Tapi rupanya hampir semua orang berpikiran sama. Stasiun kereta Perth Underground penuh luar biasa, di luar saja sudah berlapis manusia antri dari berbagai arah. Sementara di dalam stasiun sendiri masih ada 2 lantai ke peron. Anak-anak mulai kelihatan lelah dengan mata merah karena memang sudah lewat jam tidurnya.

Akhirnya kami memutuskan naik bis dari stasiun Roe Street ke halte terdekat dari stasiun Stirling. Jangan pikir terdekat itu 5 menit ya, karena kami jalan kaki sekitar 30 menit hahahaa… Hadohhh kaki udah cenat cenut, bawa peyut ndut dan harus menghibur anak umur 7 tahun supaya tetap semangat jalan kaki dan ga grumpy. Alhamdulillah 2 krucil tetap ceria dan berhasil tiba di parkiran mobil tanpa digendong. Besoknya, bisa ditebak kalau mereka bangun jauh lebih siang dari biasa.

Disatu sisi, saya kangen langit Jakarta yang penuh kembang api di segala penjuru. Di satu sisi lain, nyaman juga bisa tidur tanpa kebangun kaget suara kembang api sepanjang malam dan takut petasan nyasar.

20140203-140632.jpg

20140203-140648.jpg

20140203-140702.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Australia Day – 26 Januari

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s