Sepedaan di Perth

Sudah lama sekali rasanya sejak masa-masa saya main sepeda. Apalagi kalau bahas soal BMX, mungkin terakhir awal masuk SMP ya? Oiya, sempet juga punya sepeda (kecil) waktu kerja di Papua, lumayan buat keliling Kuala Kencana yang cantik itu.

Sampai di Perth, saya beli sepeda lagi. Walaupun tetap lebih banyak nongkrong di gudang, tapi lumayanlah saya lebih rajin dibanding di Jakarta.

Dari ujung utara Perth yaitu Joondalup, sampai ujung selatan yaitu Mandurah, jalur sepeda terbentang bebas merdeka. Pemerintah memang berupaya serius menggalakkan masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dan sepeda untuk pergi ke kantor. Selain itu juga tersedia parkiran sepeda dan shower room di banyak gedung perkantoran.

Umumnya jalur sepeda ini bersisian dengan jalan bebas hambatan dan jalur kereta api. Sedangkan di jalan biasa, selalu tersedia jalur khusus sepeda dan pejalan kaki. Dibeberapa taman kota, jalur sepeda terpisah dari jalur pejalan kaki. Jadi yang sibuk jogging dan jalan kaki ga perlu khawatir tertabrak sepeda.

Sejauh ini jalur sepedaan favorit saya ya sepanjang pantai. Setelah itu di taman-taman kota. Saya juga pernah nyobain sepedaan dari rumah sampai Perth City, yang jaraknya sekitar 12km. Berarti kalau pp kan jadi 24km ya? Ihhh pengen nangis deh pas rute pulang dan lewat jalan menanjak yang panjang, udah mo ngambek nyerah aja saya hahaha…

Kemarin sore M bela-belain jalan kaki dari kantor ke stasiun kereta Leederville (sekitar 30menit) demi membungkam rengekan saya yang minta diambilkan beberapa foto jalur sepeda. Dan hasil fotonya banyak banget sampai bingung sendiri milih yang mana yang mau dipublish.

Dijalur yang ramai, rambu-rambu untuk pengendara sepeda ga kalah lengkap sama kendaraan bermotor. Peringatan untuk mengurangi kecepatan, mendahulukan jalur lain dan berbagi dengan pejalan kaki, sampai jalur berwarna hijau yang dibuat slip-proofed supaya kalau ng-rem lebih pakem. Bagian ini yang saya minta M untuk fotoin hehehehhe…

Oiya, November 2013 kemarin ada juga acara maraton dengan sepeda “The Santos Great Bike Ride”. Ada yang 10km (family ride), 53km (challenge ride) dan 98km (ultimate ride). Mertua saya yang memang hobi sepedaan ikut event ini kemarin, sepertinya boleh juga dicoba ikutan besok deh.

Kalau mau praktis bersepeda dengan balita, bisa menggunakan trailer. Semacam keranjang yang disambung ke sepeda, bisa diisi 2 balita dan lengkap dengan safety belt. Kalau lihat orang sih sepertinya cukup praktis dan aman ya, tapi kita belum ada rencana untuk beli buat Lil Aussie sih.

Langit biru, udara bersih, jalur khusus, kayanya gada alasan buat saya malas sepedaan disini ya?

20140123-144622.jpg

20140123-144636.jpg

20140123-144701.jpg

20140123-144712.jpg

20140123-144722.jpg

20140123-144739.jpg

20140123-144904.jpg

20140123-145324.jpg

7 thoughts on “Sepedaan di Perth

Leave a Reply

