USG – 32 minggu

Akhirnya sampai juga di minggu ke-32, dan waktunya USG! 😋

Bukan apa-apa, soalnya hasil usg terakhir di minggu ke-20, posisi plasentanya agak rendah dan menutup jalan lahir. Saya sempat ketakutan karena langsung kepikiran placenta previa.

Teringat kejadian yang cukup traumatis waktu dulu saya kerja di klinik-nya salah satu perusahaan tambang di Papua. Tetangga depan rumah terdiagnosa kehamilan dengan placenta previa, dimana ibunya meninggal karena kehabisan darah. Alhamdulillah anaknya selamat. Tapi mengetahui proses yang terjadi sama mereka sudah membuat nyali saya ciut dan mata langsung buram penuh airmata.

Alhamdulillah dr. Robbins bilang kalau saya bukan placenta previa, hanya posisinya rendah saja dan kalau tidak ada perubahan terlihat di usg minggu ke-32, kemugkinan besar saya harus melahirkan secara caesar. Kalau positif placenta previa, saya pasti sudah harus bedrest total karena tidak boleh banyak bergerak. Lega banget rasanya. Langsung semangat lagi deh.

Saya pikir, melahirkan natural atau caesar ga terlalu masalah, yang penting saya dan Lil Aussie sehat dan lancar proses lahirnya.

Anyway, akhirnya ketemu lagi sama Lil Aussie walaupun cuma lihat di screen. Alhamdulillah plasenta sudah bergeser dan terlihat ada celah sekitar 3cm. Menurut petugas sonographer, saya bisa melahirkan dengan cara natural. Tapi dr. Robbins masih mau memastikan dengan usg lagi nanti di minggu ke-36. Dan keputusan terakhir nanti ada di tangan RS Osborne Park.

Apapun keputusannya, pasti jalan terbaik untuk saya dan Lil Aussie. Sekarang kita fokus aja untuk persiapan fisik melahirkan yang katanya butuh tenaga dan kemampuan bertahan yang bagus.

C’mon Lil Aussie, let’s get ourselves ready 😍

Leave a Reply

